Adat Istiadat Jawa : Upacara Pernikahan Adat Sunda

0 214

Pernikahan memang salah satu upacara sakral yang diharapkan sekali seumur hidup. Bentuk pernikahan banyak sekali macamnya dari yang paling sederhana sampai yang paling lengkap karena memakai upacara adat suatu daerah tertentu. Orang Indonesia jika menikah niscaya tidak pernah meninggalkan adatnya. Kalau tidak mengikuti adat dari pengantin pria biasanya mengikuti adat pengantin wanita. Inti dari pernikahan sejatinya sama yaitu ingin mendapat restu dari orangtua dan masyarakat luas.

Banyaknya adat dan budaya di Indonesia, tentunya menjadikan banyak pula macam upacara prosesi pernikahan adat. Proses upacara pernikahan adat Sunda di Kota Bandung. Secara kronologis upacara adat perkawinan dapat diurut mulai dari sebelum akad nikah dan sesudah akad nikah. Pada upacara sebelum akad nikah biasanya ada upacara nanyaan, neundeun omong, ngalamar, seserahan dan ngeuyeuk seureuh. Upacara pokok dalam adat pernikahan adalah ijab-kabul atau akad nikah.

Setelah akad nikah dilanjutkan dengan upacara sungkeman kedua mempelai kepada kedua orang tua mereka, kemudian diikuti dengan upacara sawer pengantin, nincak endog, buka pintu, huap lingkung dan upacara selamat untuk kedua mempelai. Rangkaian upacara adat pernikahan tersebut bertujuan agar kedua mempelai mendapat karunia dari Allah SWT serta memperoleh kebahagiaan lahir dan batin dalam menjalankan hidup berumah tangga. Sebuah pengalaman budaya yang akan memperkaya wawasan Anda akan tradisi masyarakat Sunda.

Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=343&lang=id
Comments
Loading...