Adat Istiadat Jawa : Upacara Mipit Kabuyutan Cipaku

0 557

Mipit adalah salah satu tradisi di Kabuyutan Cipaku yang masih dilaksanakan oleh para kasepuhan disana yaitu sebuah prosesi (ritual) untuk memulai panen pertama kali, biasanya berdoa sambil menyiapkan sajian berupa nasi tumpeng di atasnya diberi telur, ada bubur merah, bubur putih, kopi, bakakak ayam kampung, dll. Menurut kasepuhan Cipaku itu merupakan simbol rasa syukur juga agar panen yang dihasilkan berkah untuk kehidupan. Sesajian juga merupakan simbol bahwa beras yang dipanen agar tidak dihabiskan melainkan harus bersisa untuk dibuat tumpeng sampai ke panen berikutnya.

Seperti kita ketahui dalam konsep kabuyutan penyimpanan gabah itu di bagi dua ada yang di leuit (gudang) jangka panjang dan goah dekat dapur untuk pemakaian sehari-hari, nilai kearifannya adalah padi yang dihasilkan harus berkah untuk kehidupan, jangan digunakan untuk foya-foya tidak boleh dijual sembarangan untuk memuaskan nafsu duniawi semata sampai lupa untuk nanti membuat benih untuk menanam kembali, harus ada yang disimpan untuk Reserve (Cadangan) pada musim paceklik.

Dengan lengkapnya sesajian makanan pada saat Mipit kegiatan panen pun menjadi lebih menyenangkan dan tentunya secara kadungan gizi baik sekali, bayangkan saja tubuh ketika panen tentunya menguras energi nah perlu pasokan gizi dan protein yang baik sesajian yang dibuat itu juga untuk dimakan ramai-ramai sehingga pasokan nutrisi tetap terjaga.

Source facebook.com facebook.com/kabuyutancipaku/posts/715351438537984
Comments
Loading...