Adat Istiadat Jawa : Tirta Giri Agung, Merti Dusun Koripan

0 34

Merti Dusun Koripan I dengan tema “Tirta Giri Agung” pada hari Rabu 8 Agustus 2018. Arti dari tema yang ambil yaitu menyatukan air tuk 7 yang diambil dari 7 mata air yang ada di Dusun Koripan I. Acara dimulai pukul 13.30 WIB dibuka dengan upacara pengambilan air dari mata air kaliindeso yang akan diserahkan oleh juru kunci gunung pasar melalui Camat Dlingo Bapak Jati Bayubroto, SH. M.Hum. Air tersebut dibawa menggunakan kendi untuk dibawa menuju gunung pasar, namun dalam proses pembawaannya diiringi pasukan kirab budaya seluruh warga Dusun Koripan I dimulai dari pukul 14.00 – 15.00 WIB.

Prosesi pertama meletakkan degan gagak emprit yang dilakukan oleh Bapak Markus selaku Kasi Adat dan tradisi Dinas Kebudayaan Provinsi bersama dengan juru kunci Gunung Pasar di bawah pohon petilasan Gunung Pasar dilanjutkan penuangan air kendi yang diambil dari sumber mata air 7 tuk ke dalam gentong yang berada di depan pintu masuk petilasan gunung pasar.Pasukan kirab ada beberapa kontingen yaitu dari PKK, kelompok sholawat,, Gunungan RT dan pasukan bergodo serta melibatkan Drum Band dari SMA N I Dlingo. Setelah kirab finish dilanjut dengan kenduri dan pembagian sarang serta rayah gunungan yang diiringi doa oleh K.H A. Zabidi. Seluruh warga masyarakat maupun penonton yang menyaksikan ikut serta rayanhan gunungan.

Sangat apresiasi sekali warga

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.Fk5-j-YRC7XNq0mubtzG837IWa0wIyIjak9Q6zOcWf3MiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...