Adat Istiadat Jawa : Pesta Nelayan Palabuhanratu

0 204
Satu upacara yang tidak boleh Anda lewatkan selama di Sukabumi adalah Pesta Nelayan Palabuhanratu. Sebagai salah satu acara ritual masyarakat nelayan Palabuhanratu, inti dari pesta ini adalah persembahan rasa syukur atas segala rahmat yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Dalam acara ini, wisatawan dapat menyaksikan acara ritual berupa tari-tarian yang mengiringi sepasang raja dan ratu yang diarak di atas pedati sebagai simbol penguasa Ratu Pantai Selatan. Sedangkan acara puncaknya adalah  pelepasan ribuan Tukik (anak penyu) ke dalam laut.
Lokasi:  Palabuhanratu (Pelabuhanratu), Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Indonesia
Koordinat : 6° 58′ 53″ S, 106° 32′ 17″ E
Pesta tahunan yang diselenggarakan oleh warga nelayan Palabuhanratu dalam rangka mensyukuri hasil tangkapan mereka dilaut akan di laksanakan puncaknya pada tanggal 05 April 2018 di Dermaga Palabuhanratu. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya sampai dengan saat ini sudah peringatan yang ke 58 kalinya. Hari Nelayan Palabuhanratu dimeriahkan dengan diselenggarakannya upacara tradisional yang membuat perhatian masyarakat lokal maupun luar daerah.
Upacara adat ini lengkapi dengan adanya sepasang raja dan ratu yang telah diseleksi oleh panita hari nelayan palabuhanratu 2018. Lambang putri diidentikan dengan gemanya Nyi Roro Kidul yang konon memang menggema di Pantai selatan khususnya Palabuhanratu. Hari nelayan ke 58 Palabuhanratu di tahun 2018 ini konsepnya lebih ke potensi wisata di kabupaten Sukabumi, mengingat telah ditetapkannya Ciletuh.
Source disparbud.jabarprov.go.id disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=282&lang=id
Comments
Loading...