Adat Istiadat Jawa : Pamor Nyangku di Situ Panjalu

0 137

Situ Panjalu dikaitkan dengan sang Prabhu Sultan Borosngora. Catatan tradisi menyebutkan bahwa Sang Prabhu Borosngora bertemu dengan Bagindha Ngali sekira 635 Masehi, di Situ Panjalu. Bagindha Ngali membimbing sang Prabhu Borosngora dengan ajaran agama, hingga pada relung-relung kadalamannya, eksotisitas spiritualnya, dan pukauan mistisismenya, ungkap Herman Sinung Janutama, sejarahwan, dan peneliti filsafat JawaCatatan terkait lainnya adalah laporan Prof. Dr. Mansyur Suryanegara pada 2004, bahwa terdapat catatan kuno yang menyatakan bahwa prabu Kerajaan Galunggung juga bersua dengan Bagindha Ngali pada 640 Masehi.

Wilayah Kerajaan Galunggung memang berdekatan, dan punya hubungan dengan Panjalu. Hal itu menjelaskan bahwa kehadiran Bagindha Ngali menebarkan hawa pencerahan spiritual terhadap sultan-sultan di nuswantara pada umumnya, dan raja-raja Jawa pada khususnya.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.Eqd3UF2DqSt2rFMiuqI8zmKdkh6tjOf55K9ffXsR3xDMiVP-bwlOc1vc3pIN2V_cTMODRKS5mxkoPej8_N6HPw
Comments
Loading...