Adat Istiadat Jawa : Nyawen, Ritual Menjelang Panen

0 47

Nyawen merupakan ritual yang biasa dilakukan menjelang panen padi pada masyarakat di pedesaan Subang. Ritual ini dilakukan oleh salah satu sesepuh atau tokoh adat (masyarakat) untuk mengawali panen padi pertama sebagai wujud penghormatan kepada Sang Hyang Sri sebagai Dewi Padi (kesuburan). Dalam melaksanakan ritual Nyawen ini tokoh adat membacakan mantra-mantra dalam bahasa sunda disertai dengan sesajen dan pembakaran dupa (sabut kelapa dan rokok) sembari memetik beberapa helai padi di lahan yang siap dipanen.

Nyawen alias selametan pantai yang diselenggarakan oleh masyarakat Lekok. Upacara yang sangat sederhana diselenggarakan di pinggir pantai Lekok merupakan hari kegembiraan bagi masyarakat Lekok seluruhnya, dikarenakan acara ini dilakukan sekali dalam setahun yaitu di lebaran topat. Acara ini dihadiri oleh bupati, kades, kadus, masyarakat lekok dan kami dari teman-teman delta api. Inti dari perayaan nyawen adalah bersyukur terhadap Allah SWT dan senantiasa meminta keberkahan atas hidup ini terutama bagi nelayan yang selalu berharap kesuseksan hidup dalam melaut.

Prosesi dilakukan dengan berzikir, menabur bunga dan diakhiri makan berjemaah yang sudah disiapkan oleh kaum perempuan dalam hal ini adalah para ibu-ibu rumah tangga dan remaja putri Lekok. Hikmah yang diperoleh dari acara ini adalah ketika nilai kebersamaan itu diikat terus dalam batin di setiap individu yang diritualkan secara bersama-sama.

Source budaya-indonesia.org budaya-indonesia.org/Nyawen
Comments
Loading...