Adat Istiadat Jawa : Ngunjung Buyut Nyi Gandasari

0 259

Tradisi “ngunjung buyut” Nyi Mas Gandasari di Blok Karang Mas, Desa Kesugengan Kidul, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon. Dalam ritual tahunan tersebut ditampilkan replika situs Nyi Mas Gandasari di Kampung Pecung/Karangmas, Desa Kasugengan Kidul. Selain itu menampilkan berbagai kesenian daerah, barongsai, liong, replika hasil kreativitas warga setempat berupa karya imajiner seperti berbagai kereta kencana, naga, monster ikan, kapal besar, aneka hewan burung garuda dan tampilan serta atraksi kocak lainnya.

Hingga sekarang, tradisi tersebut masih dihidupkan masyarakat setempat. Untuk mengamankan rute dari kompleks situs Nyi Mas Gandasari di Kampung Karang Mas, Kasugengan Kidul-Kasugengan Lor-Pasar Jamblang dan kembali ke kompleks situs, panitia ngunjung (khaul) mempersiapkan beberapa kelompok “pasukan hitam” dan “pasukan merah” yang sekujur tubuhnya dibalur arang hitam dan pewarna merah dicampur minyak goreng hingga pengunjung minggir dengan sendirinya.

Karnaval yang panjangnya mencapai sekitar empat 3 kilo meter itu masih mendapatkan apresiasi dari masyarakat berbagai desa di Kab. Cirebon, terutama di wilayah Kec. Depok, Plumbon, Jamblang, Klangenan, Palimanan, Weru, Plered, Dukuhpuntang dan lainnya. Menurut Tatang, warga setempat, tradisi tersebut sudah berlangsung turun temurun yang digelar setiap setahun sekali. Selain merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan, juga bisa menjadi ajang silaturrahmi antar warga.

Bisa dijadikan wahana silaturahmi antar warga, khususnya di Desa Kesugengan Kidul Lor

Source pikiran-rakyat.com pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2011/10/09/161252/tradisi-ngunjung-buyut-tampilkan-kesenian-daerah
Comments
Loading...