Adat Istiadat Jawa : Merti Dusun Nganyang, Yogya

0 21

Ngayang merupakah salah satu pedusunan dari 21 Dusun di Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul D.I Yogyakarta. Serta merupakan salah satu Dusun yang menjalankan Merti Dusun di Desa Budaya Sitimulyo, dan ini dapat menguatkan posisi Desa Budaya, untuk terus dijaga, dilestarikan dan ditingkatkan. Merti Dusun, selain merupakan bentuk rasa syukur kepada allah SWT, atas limpahan rezeqi dan rahmat yang telah diberikan kepada warga masyarakat Dusun Ngayang, juga untuk menjaga tali silahturahmi dan guyub rukun serta menjaga gotong royong warga dusun Nganyang.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Ahad, tanggal 15 juli 2018, jam 13.00 s/d Selesai, diawali dengan Kirab Budaya warga dari RT. 01 s/d RT. 07, Bapak RT dan Bapak Dukuh.Kirab budaya terdiri dari Gunungan Dusun, ancak perRT, kelompok Kesenian dll. Sesampainya di lokasi Merti Dusun di RT. 07, peserta kirab di sambut dengan musik karawitan dan tari dari kelompok Srandul Lestari Mulyo dari Ngayang, lalu dilanjutkan sambutan dari Bapak Lurah H. Juweni, S.E dan dari muspika kecamatan diwakili oleh Bapak Polsek Piyungan.

Serta diakhiri acara Merti Dusun Ngayang oleh Bapak Kaum Rois, dengan Tahlil bersama dan Doa, setelah Tahlil dan Doa selesai dilanjutkan acara rebutan gunungan dan ancak. Agenda Merti Dusun akan di tutup dengan Pengajian pada malamnya setelah sholat ‘Isya’. Acara merti dusun berjalan dengan baik.

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.TrB30l11LJR8NWbRKiq88DRZvDOgK-QS_9THxTxl48697Xjw3Uc2SlYffgVeVg3BNC0--V-HiBdhEeS3TT8blw
Comments
Loading...