Adat Istiadat Jawa : Maulid Nabi Palas, Cilegon, Banten

0 33

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriyah yang dirayakan warga Palas RW 01, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, berlangsung semarak dengan kehadiranindahnya iring-iringan hiasan belasan Panjang Maulid pada Minggu, 17 Desember 2017. Dalam pantauan langsung, setelah peringatan Maulid dengan khidmat ritual Dzikir dan Shalawat oleh ratusan pedzikir. Perayaan Maulid tampak semarak oleh kehadiran belasan Panjang Maulid diantaranya berisi 4 unit sepeda motor, 2 unit Kulkas dan 2 unit Mesin Cuci, Lemari dan sebagainya, dimana hampir disepanjang jalan ramainya warga setempat yang turut mengiringnya.

Berbagai tradisi seni musik seperti Kosidah, Kendang, Marawis, Rubat, Drum Band juga tampak terdengar dalam iring-iringan tersebut. Panjang Maulid merupakan kearifan lokal atau tradisi yang sudah melekat di Banten khususnya Cilegon dan Serang sejak zaman Kesultanan Banten yang hingga kini masih terus diselenggarakan oleh masyarakat dengan antusiasme dan kegembiraan dalam mengenang kelahiran Baginda Nabi Muhammad SAW.

Ini suatu kearifan lokal yang sudah ada seak zaman Kesultanan Banten dulu, yaitu memeriahkan Maulid dengan kegembiraan menyambut kelahiran Nabi Muhammad yang mendorong masyarakat bershodaqoh diantaranya dengan pembagus-bagus membuat Panjang Maulid

Ujar Haji Holid, Ketua Dzikir Palas. Haji Holid juga menjelaskan akan tradisi perayaan Maulid ini yang dalam tradisinya mengundang pedzikir dari beberapa kampung lainnya. Hal ini secra tidak langsung bisa mempererat tali silaturahim warga antar kampung yang terjaga.

Source faktabanten.co.id faktabanten.co.id/4-motor-dan-belasan-panjang-semarakkan-maulid-nabi-palas-cilegon

Leave A Reply

Your email address will not be published.