Adat Istiadat Jawa : Masyarakat Adat Citorek, Banten

0 31

Masyarakat Citorek merupakan salah satu masyarakat adat di Kabupaten Lebak, Banten. Masyarakat adat Citorek hampir sama dengan masyarakat adat Cisungsang yang lebih terbuka, dibandingkan dengan masyarakat Suku Baduy. Masyarakat adat Citorek masih memegang erat tradisi nenek moyak semenjak kampung ini dibentuk dahulu. Mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani. Seperti halnya masyarakat adat Cisungsang, masyarakat Citorek lebih terbuka dengan dunia luar.

Akses jalan telah sampai ke Citorek sehingga bisa memudahkan para pelancong ke desa ini. Dari Kota Rangkas Bitung, kawasan adat Citorek berjarak kurang lebih 180 kilometer. Masyarakat adat Citorek, masyarakat adat Cisungsang, dan masyarakat adat Suku Baduy memiliki karakteristik yang sama dalam mempertahankan tradisi. Penghargaan masyarakat terhadap para sesepuh atau pemimpin adat sangat tinggi. Selain itu, masyarakat adat sangat taat terhadap aturan adat meskipun peraturan tersebut tidak tertulis.

Masyarakat adat Citorek teletak di Citorek, Kecamatan Cibeber. Kawasan adat Citorek mempunyai 4 wilayah adat atau disebut empat kasepuhan, yaitu Citorek Timur, Citorek Barat, Citorek Tengah, dan Citorek Selatan. Keempat Citorek ini masing-masing dipimpin oleh kepala kasepuhan. Tradisi menjaga aturan leluhur membuat lingkungan di wilayah adat Citorek sangat terjaga. Penanaman padi di Citorek memiki aturan tertentu. Seperti halnya pada masyarakat adat Cisungsang, masyarakat adat Citorek juga memiliki tradisi Seren Taun sebagai bentuk rasa syukur panen.

Source merahputih.com merahputih.com/post/read/mengenal-masyarakat-adat-citorek-di-banten

Leave A Reply

Your email address will not be published.