Adat Istiadat Jawa : Latihan Dzikir Pemuda Kaligandu, Cilegon

0 68

Latihan Dzikir Sambut Maulud Nabi

Jelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemuda Kaligandu, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, melakukan latihan Dzikir Mulud secara intens di Masjid At-Taqwa. Latihan vokal membaca kitab Barzanji sangat penting dilakukan mengingat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW tinggal 2 pekan lagi, yaitu selama bulan Robiul Awal atau lebih dikenal warga Cilegon dengan bulan Mulud. Perlu diketahui, Dzikir Mulud merupakan shalawat dan puji-pujian dalam bahasa arab di dalam Kitab Barzanji dibutuhkan keahlian dan vokal yang baik sesuai dengan lagunya.

Dzikir Mulud, atau berekat yang dihias dalam berbagai bentuk replika. Secara umum kandungan kitab Barzanji terbagi menjadi tiga, yaitu cerita tentang perjalanan hidup Nabi, syair-syair pujian, dan sanjugan kepada Nabi Muhammad SAW. Salah satu pemuda Kaligandu, Rahmat mengatakan, latihan vokal membaca Kitab Barzanji harus dikuasai dengan baik. Sehingga ketika nanti diundang oleh Kampung yang sedang melaksanakan acara Muludan bisa menampilkan yang terbaik.

Saat pelaksanaan acara Muludan, biasanya Kampug yang punya hajat akan mengundang grup atau khafilah dari kampung liannya. Sehingga bisa dua sampai lima grup yang melakukan Dzikir Mulud dalam acara tersebut

Kata Rahmat yang sudah tertarik ikut Dzikir Mulud sejak remaja. Dzikir Mulud meskipun susah untuk dipelajari, namun masih banyak kalangan muda yang tertarik untuk mengikutinya. Bukan hanya kalangan tua saja, namun kini remaja.

Source Fakta Banten faktabanten.co.id/latihan-dzikir-mulud-cara-pemuda-kaligandu-cilegon-lestarikan-tradisi-ke-islaman-2
Comments
Loading...