Adat Istiadat Jawa : Kirab Bregada Pakembinangun

0 36

Bregada yang menjadi puncak acara hari ulang tahun (HUT) ke-70 dan Merti Desa Pakembinangun tersebut. Meski cuaca tidak menentu, dari terik hingga hujan mengguyur, masyarakat tetap setia menonton. Bregada perwakilan dari sepuluh padukuhan yang ada di Desa Pakembinangun. Ada juga Bregada motor trail yang juga turut berpartisipasi. Para Bregada tersebut berjalan dari tiga titik yaitu Padukuhan Wonogiri di sisi utara, Padasan di sisi timur, dan Pakem di sisi selatan. Garis akhir yang menjadi titik kumpul adalah Kantor Desa Pakembinangun.

Gugus benderanya besar-besar ada gunungan juga

ujar salah satu penonton anak-anak. Selain menyaksikan Bregada, para penonton juga sudah tidak sabar untuk berebut 10 gunungan yang mewakilkan setiap padukuhan. Aneka buah-buahan, sayur mayur, hingga berbagai makanan menjadi primadona dalam acara tersebut. Setelah dilakukan penyerahan bendera, gunungan tersebutpun direbutkan tepat di halaman Kantor Desa Pakembinangun. Tua muda berbaur menjadi satu. Ada yang dapat buah, ada pula yang dapat sayur mayur. Kepala Desa Pakembinangun, Suranto menjelaskan Kirab Bregada untuk peringatan ulang tahun desa baru pertama kali ini dilakukan. Suranto menegaskan bahwa Desa Pakembinangun ingin terus nguri-nguri budaya Jawa.

Ini juga bentuk kesenian yang harus dilestarikan

jelasnya. Pemerintah Desa Pakembinangun pun kedepan akan membuat agenda rutin Kirab Bregada. Sehingga bisa mendukung dan menjadi tujuan wisata Pakembinangun.

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.bK_cWc4SYJb_Cd6w_qdqhPs3YW6t3sTS_BdZx3XAjhEkbgHMxAxbwRcUT6HFIqQRZdE5mhym8elLtQsACpMjSw
Comments
Loading...