Adat Istiadat Jawa : Kasepuhan Ciherang di Banten

0 27

Kasepuhan Ciherang merupakan salah satu masyarakat adat yang berada di sekitar kawasan Aneka Pertambangan Emas Cikotok (± 2 KM dari Terminal Cikotok). Secara administrasi kasepuhan ini terdapat di desa Cibeber kecamatan Cibeber kabupaten Lebak Banten. Kasepuhan ini adalah semacam struktur organisasi pemerintahan yang merupakan organisasi terbesar pada suatu wilayah. Kasepuhan Ciherang dipimpin oleh seorang ketua adat yaitu Olot.

Jabatan ketua adat ini bersifat turun temurun. Artinya Olot yang sekarang mendapat jabatan ketua adat dari ayahnya dan masa jabatan seumur hidup. Ciherang merupakan bagian dari kehidupan adat yang nota bene tata kehidupannya di atur oleh seorang Pemangku Adat yang dijuluki Kasepuhan (Olot).

Ciherang yang ditinjau dari kurun waktu dibagi menjadi 3 :
1. Dari tahun 1980 ke belakang (Masa Lampau)
2. Dari tahun 2000 sampai sekarang (Masa Transisi)
3. Dari tahun 2010 Ke Depan (Masa Pancaroba masa krisis foundamental)

Masa Lampau
Pada masa olot kasepuhan yang pertama, wilayah Ciherang dijadikan pusat Distrik Pemerintahan dengan adanya pusat kecamatan (Kemantren), yang bertujuan untuk mempermudah kerjasama antara olot kasepuhan dengan pemerintah. Dan pada akhirnya terjadilah kehidupan yang madani.

Masa Transisi
Pada kehidupan dimasa ini manakala kehidupan sudah sedikit modern sehingga pelaku-pelaku sejarah kurang mendapat perhatian, karena pola pikir dari pihak kasepuhan dianggap kurang relevan, padahal apabila dikaji lebih dalam, keberadaan Kasepuhan itu sungguh hebat.

Source kasepuhanciherang.blogspot.co.id kasepuhanciherang.blogspot.co.id/2009/09/kasepuhan-ciherang.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.