budayajawa.id

Adat Istiadat Jawa : Kasepuhan Cicarucub, Banten

0 11

Kasepuhan Cicarucub berada di Desa Neglasari, kecamatan, Cibeber, kabupaten Lebak, provinsi Banten, Republik Indonesia. Keberadaan Kasepuhan Cicarucub sudah lima generasi. Kelima generasi ini merupakan estafet kepemimpinan Olot yang tinggal di Rompok Olot (Bumi Adat) sebagai ketua adat yang sekarang sudah yang kelima. Dari kelima generasi Olot yang menempati Rompok adat ini hanya dua yang diketahui namanya yaitu yang sekarang sesepuh adat, Olot Enjay dan satu generasi sebelumnya yaitu Olot Dulhana.

Tiga olot sebelumnya tidak diketahui namanya, karena bagi warga menyebutnya itu adalah tabu atau sesuatu yang tidak boleh. Ketidaktahuan mereka terhadap ketiga nama olot terdahulu dikarenakan adanya kekhawatiran dari leluhur sebelumnya berkaitan dengan keselamatan pemimpin mereka. Karena berkaitan dengan prajurit atau pasukan khusus keajaan Pajajaran yang melarikan diri dari Pakuan Bogor ketika digempur habis-habisan oleh prajurit dari Banten dan Demak.

Wilayah yang masuk ke dalam komunitas masyarakat Kasepuhan Cicarucub terbagi menjadi tiga daerah yaitu Kampung Cicarucub Girang, Kampung Cicarucub Tengah, dan Kampung Cicarucub Hilir. Ketiga kampung ini berderet dari arah utara ke selatan. Kepercayaan atau sistem religi pada masyarakat Kasepuhan Cicarucub diwrnai oleh dua unsur yaitu agama dan kepercayaan terhadap nenek moyang. Mereka menganut agama Islam dan mereka juga masih mempertahankan dan melaksanakan kepercayaan warisan leluhurnya (nenek moyang). Kepercayaan direalisasikan.

Source Jejak Karuhun yuzarpurnama.blogspot.co.id/2013/06/wilayah-kasepuhan-cicarucub-berada-di.html
Comments
Loading...