Adat Istiadat Jawa : Gelar Budaya Sedekah Kali Warga

0 214

Mrican, Desa Catur memadati lapangan RT 24 RW 08 untuk memeriahkan Gelar budaya sedekah kali, Minggu (2/10). Kegiatan diselenggarakan dalam rangka rasa syukur atas penataan kampung setempat berjalan lancar. Gelar budaya diawali dengan kirab. Dimana ada empat gunungan serta fashion show berbahan dasar kantong plastik. Menempuh jarak sekitar 500 meter, kirab berakhir di lapangan yang berada tepat di dekat Sungai Gajah Wong. Imam Basuki selaku ketua panitia mengatakan, Kampung Pringgodani Padukuhan Mrican termasuk daerah rawan banjiR. Terutama ketika terjadi hujan deras yang membuat debit air naik. Hal tersebut jugalah yang cukup menjadi momok masyarakat. Terutama yang tempat tinggalnya di bantaran sungai.

Selain itu juga sebagai wujud syukur warga, karena proses penataan kampung wilayah berjalan sukses. Penataan ini melibatkan 38 warga yang tinggal di lima RT dan tiga RW

katanya di sela kegiatan. Selain kirab, acara juga dimeriahkan dengan pentas seni yang melibatkan masyarakat setempat. Fashion show berbahan daur ulang sampah, penanaman pohon, penebaran ikan dan pelepasan burung. Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan warga. Apalagi ini berkaitan dengan lingkungan. Wabup juga mengajak masyarakat untuk bisa bersama-sama menjaga lingkungan sekitar.

Source krjogja.com krjogja.com/web/news/read/11356/Gelar_Budaya_Sedekah_Kali_Warga_Mrican
Comments
Loading...