Adat Istiadat Jawa : Berkah Ruwatan Anak Gimbal

0 132

Inilah salah satu acara budaya terpenting bagi masyarakat Dataran Tinggi Dieng. Anak-anak berambut gimbal yang sudah mengucapkan kemauannya untuk memotong rambut gimbal mereka dikumpulkan. Mereka akan mengikuti acara ruwatan untuk memotong rambut gimbal yang selama ini menempel di kepala mereka. Ruwatan rambut gimbal menjadi acara yang sangat penting bagi masyarakat Dieng. Di acara ini, tidak hanya rambut gimbal yang dipotong.

Tapi, bersamaan dengan dipotongnya rambut gimbal tersebut, masyarakat Dieng pun memanjatkan doa dan mengharap kesejahteraan bagi mereka. Pada masa lalu, ruwatan rambut gimbal dilakukan sendiri-sendiri. Tiap-tiap keluarga yang memiliki anak berambut gimbal mengadakan ruwatan sendiri-sendiri. Tapi sejak tahun 2002, diadakan ruwatan massal. Pemotongan rambut gimbal dapat dilakukan kapan pun – tidak terkait dengan perhitungan atau penanggalan tertentu.

Pemotongan dilakukan setelah si anak berkeinginan memotong rambut gimbal mereka. Biasanya, acara pemotongan rambut gimbal dilakukan pada Bulan Juni, Juli, sampai Agustus  bertepatan dengan  masa libur sekolah. Ruwatan pemotongan rambut gimbal yang dilakukan sendiri tidak terlalu ribet. Orangtua hanya perlu mengadakan sebuah acara pengajian, memenuhi permintaan dari sang anak, dan menyediakan beberapa sesaji terutama tumpeng. Sementara, jika dilakukan secara massal, acara ruwatan akan melalui prosesi yang panjang. Rangkaian dimulai beberapa hari sebelum dilakukan ruwatan. Para tetua adat akan melakukan ziarah ke tempat-tempat yang dianggap suci.

Source indonesiakaya.com indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/mengharap-berkah-dalam-ruwatan-anak-gimbal
Comments
Loading...