Adat istiadat Jawa : Bantul Juara Festival Upacara Adat

0 20

Festival upacara adat 2018 di gelar pada hari Minggu, 22 Juli 2018, di  Alun-alun Wates. Acara tersebut merupakan program Dinas Kebudayaaan DIY dalam rangka melestarikan nilai adat tradisi, khususnya prosesi upacara adat. Festival diikuti oleh 5 kabupaten (kota) : Yogyakarta, Bantul, Gunung Kidul, Sleman dan Kulon Progo. Setiap kabupaten (kota) menampilkan tradisi unggulannya sesuai dengan potensi seni budaya di wilayah. Kontingen Kota menampilkan upacara adat Bakdo Kupaten, Sleman menampilkan upacara adat Wiwit Agung, Kulon Progo menampilkan upacara adat kembul Sewu Dulur dan Guyang Jaran, Kontingen Gunung Kidul menampilkan upacara adat Watu Manten, sedangkan kontingen Bantul menampilkan upacara adat siraman Gilang Lipuro.

Kabupaten Bantul yang mengambil konsep upacara terinspirasi dari tempat bertapanya Danang Sutawijaya yang mendapatkan wahyu Mataram di kawasan Gilang Lipuro. Pada pagelaran tersebut, Bantul meraih juara 1. Prestasi yang membanggakan khususnya untuk desa Gilangharjo dan masyarakat kabupaten Bantul pada umumnya. Upacara adat yang memiliki sarat makna, tuntunan dan filosofi untuk selalu dilestarikan dan dikembangkan guna membentuk masyarakat yang berkarakter dan berbudaya.

Sebuah tantangan yang tidak mudah untuk dapat mewariskan filosofi dari tradisi dan budaya kepada generasi muda. Keterlibatan generasi muda dalam kegiatan seni budaya, merupakan langkah awal yang dapat ditempuh untuk membangkitkan kecintaan dan kepedulian terhadap warisan budaya yang adi luhung. 

Source Dinas Kebudayaan tasteofjogja.org/isiberita.0rIbWlmxKJ6LkmUevCiH8wXIQDaMYNNO2PcgAQn2kOI7msWeIr9WvCrFrWZDTJrBfHcew7EpICClmD0WuDRyrg
Comments
Loading...