Adat Istiadat Jawa : Arak-arakan Kirab Merti Dusun

0 122

Arak-arakan peserta kirab Telah dilaksanakan oleh warga Dusun Ngablak Sabtu 14 /07, pukul 09.00 WIB, prosesi Kirab Merti Dusun Ngablak diikuti oleh lima peserta kirab terdiri dari 5  RT dari pedukuhan Ngablak. Dalam kirab tersebut diikuti juga oleh H. Juweni, S.E selaku Kepala Desa Sitimulyo dan Tukiman, S.H selaku Kepala Pedukuhan Ngablak. Pada acara kirab Merti Dusun tersebut dibuka oleh Bapak Abdul Halim Muslih wakil Bupati Bantul dan Drs. Markus Swarisman selaku Kepala Seksi Adat Tradisi Dinas Kebudayaan DIY.

Dalam pelaksanaan dibantu oleh Pokgiat, LPMD, dan Karangtaruna pedukuhan Ngablak. Antusias warga begitu luar biasa, terlihat dari keterlibatan dalam mengikuti kirab yang terdiri dari anak-anak sampai lanjut usia. Rangakaian Merti Dusun ditutup dengan dua pagelaran wayang kulit, sesi pertama dengan lakon “Petruk Dukun” oleh Ki Samsuri Tejo Hadi Suprapto, sedangkan sesi kedua semalam suntuk dengan lakon “wahyu kalimosodo” oleh Mas Riyo Bupati Anom (Drs. Sigit Manggolo Saputro).

Source tasteofjogja.org tasteofjogja.org/isiberita.EBqQAI-NROdbJWlOCgMGVJguOksb67KY_oOaH_SHINGPSVa5gtOFCq2la9BEtUJXkewdRo9rH3zeezb7tLxgcQ
Comments
Loading...