Acare Laksa Penganten

0 198

Acare Laksa Penganten

Acara Laksa Penganten merupakan acara yang paling seru dalam prosesi pernikahan. Acara Laksa Penganten ini di awali dengan pengantin putri yang akan menunjukkan ahlinya memasak. Bahan – bahan untuk acara Laksa ini dikirim dari pengantin pria. Nah ketika sudah jadi, si pengantin putri akan mengundang besan untuk mencoba laksa yang sudah jadi. Lebih menariknya, waktu mencoba laksa tersebut, kedua pengantin akan berbusana kebaya krancang ( untuk putri ) dan baju demang atau ujung serong ( bagi pria).

Pihak keluarga pengantin laki – laki menjemput pengantin perempuan, kemudian pengantin perempuan diantar oleh beberapa orang yang mewakili orang tuanya. Sebelum berangkat, pengantin perempuan dibekali nasihat – nasihat. Diantaranya, ia harus setia dan ikhlas dalam melayani suami. Akhir dari serangkaian pesta adalah pihak orang tua laki – laki mengucap syukur bahwa acara pernikahan putranya berjalan lancar.

Acara ini dihadiri oleh kedua belah pihak keluarga pengantin. Meski sudah lama menetap di Jakarta, saya yakin, banyak yang belum pernah menikmati gurihnya Laksa Pengantin.

Ya, karena makanan tradisional warga Betawi ini sejak dahulu kala memang cuma ada ketika akan ada hajatan pernikahan. Namun, di era yang makin modern ini, Laksa Pengantin nyaris tinggal nama karena sudah sedikit warga Betawi yang masih membawa tradisi Laksa Pengantin di upacara penikahan mereka. Cerita dibalik munculnya menu Laksa Pengantin ini di duga sudah ada sejak dulu.

Menurut cerita dulu ratusan tahun silam, Calon Mertua dari mempelai pria tentunya ingin memiliki menantu yang tidak hanya cantik, namun juga memiliki kepiawaian memasak. Maka, ketika acara lamaran dilakukan, pihak mempelai pria akan memberikan seperangkat perabotan rumah tangga agar kelak mempelai wanita bisa memasak atau menghidangkan suatu makanan saat sudah berumah tangga.

Source Acare Laksa Penganten kembang kelape
Comments
Loading...