Abang Mpok Bekasi

0 123

Abang Mpok Bekasi

Bekasi merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Bekasi sendiri baik kabupaten maupun kota merupakan tempat tinggal bagi sub suku betawi yang banyak dikenal dengan betawi pinggir ataupun betawi ora. Suku Betawi tidak hanya hidup di Jakarta melainkan sudah ada sejak dahulu di Jabodetabek dan masing-masing daerah memiliki sub suku masing-masing dan memiliki tradisi yang unik. Tidak heran jika budaya betawi banyak mempengaruhi nilai-nilai dalam masyarakat di Kota Bekasi, termasuk salah satunya acara Abang Mpok Kabupaten Bekasi.

Abang Mpok Kabupaten Bekasi sendiri merupakan acara tahunan yang digelar oleh Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporbudpar) Kota Bekasi yang diharapkan dapat menjadi duta budaya  dan duta pariwisata bagi Jawa Barat, khususnya Kota Bekasi, serta dapat memperkenalkan heterogenitas Kota Bekasi. Target pemilihan Abang Mpok sendiri yakni anak-anak muda yang berusia 17-24 tahun. Tidak hanya itu, calon peserta Abang Mpok juga harus memenuhi ketentuan dan persyaratan berikut:

  1. Minimal kelas 3 SMA/SMK Sederajat;
  2. Tinggi badan minimal untuk Abang 170 cm dan Mpok 165 cm;
  3. Berdomisili di Kabupaten Bekasi yang dibuktikan dengan KTP/Kartu Pelajar/Kartu Mahasiswa/Surat Keterangan Bekerja/Dokumen pendukung lain yang menyatakan saat ini beraktivitas di wilayah Kabupaten Bekasi;
  4. Memiliki wawasan/pengetahuan di bidang budaya dan pariwisata khususnya budaya Bekasi, sejarah Bekasi serta aspek-aspek pemerintah Kabupaten Bekasi
  5. Belum Menikah
  6. Sehat jasmani dan rohani, tidak merokok, bertato, dan bebas dari Narkoba;
  7. Bersedia mengikuti seluruh kegiatan pemilihan;
  8. Mendapatkan ijin resmi dari orangtua, keluarga atau perwalian lain yang terkait.

Pendaftaran Abang Mpok Kabupaten Bekasi dapat dilakukan secara online, yaitu dengan menghubungi akun resmi Abang Mpok Kabupaten Bekasi di berbagai media sosial yang tersedia, maupun secara offline, yaitu dengan mendatangi Road Show Abang Mpok Kabupaten Bekasi.

Calon peserta Abang Mpok kemudian diseleksi. Seleksi tahap pertama Abang Mpok Kabupaten Bekasi dibagi menjadi beberapa bagian, yakni public speaking, psikologi, bahasa, unjuk bakat, serta pengetahuan umum. Dari seleksi tahap pertama ini akan dipilih 15 pasang calon abang mpok dari ratusan peserta yang telah mendaftarkan diri. Pada seleksi tahap berikutnya calon abang mpok akan dikarantina selama dua minggu. Selama dua minggu calon abang mpok wajib mengikuti pembekalan setiap harinya untuk persiapan menuju grand final. Kemampuan public speaking, catwalk, menari, manner calon abang mpok diasah lebih lagi, juga ada sesi tanya jawab. Perjuangan untuk menjadi abang dan mpok pasti tidaklah mudah. Calon mpok diwajibkan memakai heels 12 cm selama masa karantina. Dan pada tahap akhir, grand final, dipilih pasangan terbaik Abang Mpok Kabupaten Bekasi yang telah layak serta memenuhi berbagai persyaratan serta lolos seleksi.

Acara Abang Mpok Kabupaten Bekasi mengajarkan anak-anak muda bahwa penampilan bukanlah prioritas dan tidak ada artinya tanpa rasa cinta akan budaya dan daerah asal, pengetahuan, serta akhlak yang baik. Selain itu Abang Mpok sendiri juga mengajarkan bagaimana anak-anak muda harus membangun relasi dengan heterogenitas masyarakat berdasarkan rasa kekeluargaan dan toleransi. Bagaimana seharusnya anak-anak muda sebagai generasi penerus bangsa mampu mewarisi rasa cinta tanah air.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Abang-Mpok-Bekasi/
Comments
Loading...