Upacara Adat Jawa Barat Seren Taun

0 839

Upacara Adat Jawa Barat Seren Taun

Seren Taun adalah upacara adat panen padi masyarakat Sunda yang dilakukan setiap tahun. Upacara ini berlangsung khidmat dan semarak di berbagai desa adat Sunda. Upacara ini biasanya dilakukan dan diikuti serentak oleh masyarakat yang ada dan di jalankan secara bersama-sama.Biasanya tradisi ini berada di Jawa Barat.

Istilah Seren Taun berasal dari kata dalam Bahasa Sunda seren yang artinya serah, seserahan, atau menyerahkan, dan taun yang berarti tahun. Jadi Seren Taun bermakna serah terima tahun yang lalu ke tahun yang akan datang sebagai penggantinya. Dalam konteks kehidupan tradisi masyarakat peladang Sunda, seren tauntradisi yang satu ini merupakan bentuk wujud syukur yang di tujukan kepada sang pencipta,atas segala limpahan pertaniaan yang di dapat oleh para warga masyarakat.Dan juga agar tahun yang akan datang hasilnya bisa lebih banyak lagi.

Pengertian lain bahwa upacara seren taun merupakan acara penyerahan hasil bumi berupa padi yang dihasilkan dalam kurun waktu satu tahun untuk disimpan ke dalam lumbung atau dalam bahasa Sunda disebut leuit. Ada dua leuit; yaitu lumbung utama yang bisa disebut leuit sijimat, leuit ratna inten, atau leuit indung (lumbung utama); serta leuit pangiring atau leuit leutik (lumbung kecil).

Leuit indung fungsinya ialah sebagai sebagai tempat menyimpan padi ibu yang ditutupi kain putih dan pare bapak yang ditutupi kain hitam. Padi di kedua leuit itu untuk dijadikan bibit pada musim tanam yang akan datang. Leuit pangiring menjadi tempat menyimpan padi yang tidak tertampung di leuit indung.

Upacara ini biasanya dari masyarakat di serahkan kepada  ketua adat dan di antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya berbeda tetapi memiliki makna dan isi kandungan yang sama.Pemimpin adat kemudian memberikan indung pare (induk padi/bibit padi) yang sudah diberkati dan dianggap bertuah kepada para pemimpin desa untuk ditanan pada musim tanam berikutnya.

Tradisi ini juga ada dengan cara pengambilan air dari sumber yang berbeda yang mana air tersebut di keramatkan. Biasanya air yang diambil berasal dari tujuh mata air yang kemudian disatukan dalam satu wadah dan didoakan dan dianggap bertuah dan membawa berkah. Air ini dicipratkan kepada setiap orang yang hadir di upacara untuk membawa berkah.

Puncak acara seren taun biasanya dibuka sejak pukul 08.00, diawali prosesi ngajayak (menyambut atau menjemput padi), lalu diteruskan dengan tiga pergelaran kolosal, yakni  :

-Tari buyung,

-Angklung baduy,

-Angklung buncis.

Ribuan orang yang hadir pun akhirnya terlibat dalam kegiatan ini, mengikuti jejak para pemimpin, tokoh masyarakat, yang mana prosesi ini di awali menumbuk padi. Puluhan orang lainnya berebut gabah dari saung bertajuk Pwah Aci Sanghyang Asri (Pohaci Sanghyang Asri).

Upacara Seren Taun dilakukan berbagai keramaian dan pertunjukan kesenian adat. Ritual seren taun itu sendiri mulai berlangsung sejak tangal 18 Rayagung, dimulai dengan pembukaan pameran Dokumentasi Seni dan Komoditi Adat Jawa Barat.

Source Upacara Adat Jawa Barat Seren Taun wikipedia
Comments
Loading...