“Wayang Kila” Wayang Unik Ciamis Dari Jerami

0 81

Wayang Kila ini terbuat dari bahan jerami padi, dan pagelaran wayang kila ini tidak menceritakan sejarah pewayangan seperti halnya wayang-wayang yang biasa pentas. Wayang Kila tentunya mempunyai cerita tersendiri. Dalam cerita ini kami memerankan tokoh Sanghiyang Dewi Sri, yang dalam artian sri itu adalah padi. Lakbok itu dulunya dikenal sebagai negara atau kerajaan yang subur makmur dengan tanaman padinya, bahkan hingga saat ini, Lakbok menjadi lumbung padinya Kabupaten Ciamis bahkan lumbungnya Jawa Barat.

Wayang Kila memiliki beberapa unsur seperti boneka yang terbuat dari jerami, dalang yang memainkan, barongan hewan yang terbuat dari jerami dan musik pengiring (terbuat dari kokoplak, drum, bangbaraan, dan suara para pemain). Wayang Kila merupakan tradisi tahunan yang dipentaskan masyarakat Lakbok untuk tradisi Ruwatan, mengingat Lakbok dulunya adalah bekas Kerajaan Galuh.

Perkembangan Wayang Kila

Wayang yang terbuat dari jerami berharap bisa menjadi ikon kecamatan Lakbok mewakili kabupaten Ciamis dalam ajang pentas seni budaya tingkat nasional maupun internasional. Wayang Kila memiliki sejarah dan keunikan tersendiri dari bahan maupun alat musik yang terbuat dari bambu. Wayang ini memiliki dua jenis pertunjukan yaitu sebagai jenis acara yang sakral dan sebagai pertunjukan sebagai jenis acara atau prosesi. Kila itu merupakan singkatan dari kidung dan lakbok yang dalam bahasa sundanya yakni kerajaan yang subur dan loh jinawi.

Kerajaan yang pernah berdiri di Lakbok bernama Banjar Patroman. Kerajaan banjar patroman ini merupakan sebuah kerajaan yang diapit oleh dua kerajaan, di sebelah baratnya ada kerajaan Sukapura dan sebelah timurnya Banyumas. Dalam sejarah tersebut, Banjar Patroman diperebutkan sehingga terjadilah perang saudara. Setelah itu, Banjar Patroman mendapat kutukan dari dewa. Kutukan tersebut membuat Kerajaan Banjar Patroman yang subur makmur berubah menjadi leuweung gong gong sima gong gong atau hutan belantara. Untuk melestarikan kesenian ini agar tidak tergerus oleh kemajuan jaman, pemerintah kabupaten Ciamis melestarikan dan menampilkan dalam pertunjukan kesenian, agar bisa lebih dikenal masyarakat.

Source "Wayang Kila" Wayang Unik Ciamis Dari Jerami "Wayang Kila" Wayang Unik Ciamis Dari Jerami "Wayang Kila" Wayang Unik Ciamis Dari Jerami

Leave A Reply

Your email address will not be published.