Tradisi Brokohan Desa Tambakmas, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur

0 476

Tradisi Brokohan Desa Tambakmas, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur

Wujud syukur dan permintaan keselamatan kepada Tuhan Yang maha Esa atas anugerah yang telah diberikan biasanya sering disebut dengan Brokohan. Tradisi ini di harapkan untuk mendapatkan keselamatan dan kesejahteraan bagi orang yang bersangkutan.

Tradisi ini di anggap sebagai acara yang penuh kebahagiaan dan berfungsi untuk memberitahukan adanya peristiwa kelahiran,tetapi dipihak lain upacara ini juga mencerminkan perasaan cemas dalam hal menghadapi kelahiran.Anggapan ini di kutip dalam buku Kebudayaan Jawa karya Koentjaraningrat.

Pada dasarnya Brokohan di wilayah satu dengan wilayah lainnya ialah memiliki suatu perbedaan meski makna yang terkandung di dalam pelaksanaan Brokohan itu sama.

Tradisi yang ada di Desa Tambakmas,Sukomoro,Magetan di provinsi Jawa Timur ini misalnya Brokohan biasanya di lakukan bila ada kelahiran bayi,pada tradisi itu juga terdapat ingkung dan tumpeng.Biasanya bayi yang bersangkutan sudah memiliki nama dan sudah di beri nama oleh orang tuanya.

Nama itu juga di doakan agar sang bayi yang bersangkutan selalu sehat.Brokohan tidak hanya untuk kelahiran  bayi saja tetapi biasanya juga untuk kelahiran hewan misalnya Sapi dan bila memiliki kendaraan baru.Biasanya masyarakat melakukan Brokohan sebagai wujud syukur.

Pada tradisi ini di lengkapi dengan tumpeng yang memiliki filosofi yaitu tumpeng yang di gunakan berbentuk kerucut sebagai lambang keagungan gunung Lauk pauk merupakan rasa syukur atas karunia hasil bumi.

Ketika pelaksanaan Brokohan yang ditujukan untuk kendaraan baru, biasanya kendaraan tersebut disiram dengan menggunakan air kembang.Hal ini sudah menjadi tradisi dalam masyarakat di daerah setempat.

 

Source Tradisi Brokohan Desa Tambakmas, Sukomoro, Magetan, Jawa Timur tulisan anak indekos
Comments
Loading...