5 Ritual Grebeg Pancasila Jawa Timur

0 45

5 Ritual Grebeg Pancasila

Bendholan (Bedhol) Pusaka

Prosesinya dimulai peda malam hari sekitar pukul 19.30 wib tanggal 31 Mei, yaitu kirab lambang Negara Pancasila dan panji-panji kebesaran Kota Blitar dimulai dari Ndalem Gebang menuju Kantor walikota Blitar dan diiringi tari-tarian hiburan pawai  pemuda dengan kreatifitas seni dan budayanya.

Tirakatan atau Tasyakuran

Digelar di Kantor Walikota mulai pukul 22.30 wib sebagai wujud ayukur kepada. Tuhan YME tarkait keberadaan Pancasila sebagai ideologi satu-satunya milik bangsa Indonesia.

Tirakatan dilakukan dalam bentuk ranungan malam, orasi budaya serta mocopatan para seniman yang hadir dari berbagai wlayah untuk mengaktualisasikan kebanggaannya pada Lambang Negara Pancasila.

Upacara Budaya Grebeg

Dilaksanakan di Alun-alun Kota Blitar, pagi hari tanggal 1 Juni yang diikuti oleh lapisan masyarakat. Maksud upacara ini adalah pemberkatan sebelum kirab Gunungan Lima dimulai atribut budaya Peringatan Haril Lahir Pancasila.

 Kirab Gunungan Lima

Yaitu pawai yang dilaksanakan mulai darl Alun-alun ke Makam Bung Karno. Gunungan Lima dikawal Prajurit Siji, Prajurit Enem dan Prajurit Patang Puluh Lima sebagai gambaran atau simbol Lima Dasar Pancasila lahir pada 1 Juni 1945.

Diikuti pula Pasukan Bhinneka Tunggal Ika Yang diiringi Dayang Ayu dan Dayang Bagus, barisan penjaga Gong Perdamaiann Dunia, dan teri-tarian dan seni budaya.

Kenduri Pancasila

Berupa ngalap berkah yaitu membagikan Gunungan Lima sebagai  symbol kemakmuran yang berupa bahan pokok makanan dan benih tanaman yang telah diberkati kepada masyarakat.

Source http://jawatimuran.net http://jawatimuran.net/2012/06/27/5-ritual-grebeg-pancasila/
Comments
Loading...