4 Mitos Enteng Jodoh dalam Budaya Jawa

0 176

4 Mitos Enteng Jodoh dalam Budaya Jawa

Sebagai orang Indonesia, tidak asing dengan banyaknya mitos agar enteng jodoh. Berikut ini merupakan mitos-mitos enteng jodoh.

  • Mandi dengan menggunakan air sisa siraman calon pengantin

Mungkin mitos ini sudah sering didengar. Konon katanya air sisa siraman pengantin wanita karena katanya kalau dipakai untuk mandi akan bisa mendatangkan jodoh! Jadi jangan heran kalau sedang mengikuti acara banyak sekali ibu-ibu biasanya yang akan heboh untuk berebut dibawa pulang untuk anaknya.

  • Mengambil bunga melati yang ada di sanggul pengantin wanita

Tradisi ini banyak dilakukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Untuk para laki-laki yang ingin cepat mendapat jodoh, katanya kamu harus mencoba untuk “mencuri” bunga melati yang ada di sanggul pengantin wanita. Tetapi ada syaratnya “Mencuri” nya tidak boleh ketahuan.

  • Mengambil bunga melati yang ada di keris pengantin pria

Kalau mencuri melati di sanggul adalah cara enteng jodoh untuk laki-laki, untuk perempuan yang ingin enteng jodoh, mereka harus mencuri bunga melati yang ada di keris pengantin pria. Kedengarannya sih lebih mudah daripada harus mencuri melati di sanggul Asal jangan menarik terlalu keras saja nanti kerisnya jatuh. Biasanya banyak yang mencoba untuk mencuri bunga melati ini ketika sesi foto bersama. Banyak yang memilih posisi dekat dengan pengantin pria supaya gampang memetik bunga melati itu.

  • Mendapatkan buket bunga pengantin

Mitos yang ini mungkin sudah banyak yang tahu. Mitos ini sebenarnya berasal dari tradisi Barat dimana biasanya di penghujung acara akan ada sesi pelemparan buket bunga pengantin. Mitosnya, siapa yang berhasil mendapatkan buket bunga akan enteng jodoh. Serunya, sekarang ini juga banyak pengantin yang memberikan hadiah khusus untuk yang berhasil mendapatkan buket bunga. Jadi lumayan kan kalau kamu berhasil mendapatkannya.

Source 4 Mitos Enteng Jodoh dalam Budaya Jawa The Bride dept
Comments
Loading...