Permainan Tradisional Sebagai Fenomena Budaya

0 253

Permainan Tradisional Sebagai Fenomena Budaya

Permainan  adalah bagian dari sebuah kebudayaan. Definisi permainan berbeda-beda di setiap kebudayaan. Hal tersebut mencerminkan memang budaya yang ada itu beraneka ragam, hal ini menjadi kekayaan tersendiri bagi setiap daerah.
Umumnya permainan menunjuk pada sebuah kegiatan dan fungsinya. Di Jawa Barat, seperti disebutkan dalam Naskah Siksa Kanda Ng Karesian, permainan disebut sebagai sebuah cara mendidik (Danasasmita, 1986). Sehingga hal itu sangat baik untuk pertumbuhan dari anak-anak. Dari hal yang bisa di dapat dari manfaat  permainan tradisional anak bisa mengembangkan dirinya ke hal yang lebih baik.
Bahwa permainan yaitu suatu perbuatan atau kegiatan suka rela,yang dilakukan dalam batas-batas ruang dan waktu tertentu yang sudah ditetapkan, menurut aturan yang telah diterima secara suka rela tapi mengikat sepenuhnya, dengan tujuan dalam dirinya sendiri, disertai oleh perasaan tegang dan gembira, dan kesadaran “ lain daripada kehidupan sehari-hari”. Pernyataan tersebut di kemukakan oleh Johan Huizinga  dalam Homo Ludens.
Wodjowasito, 1972 Mengemukakan bahwa kata “tradisional” berasal dari kata tradisi, mempunyai arti segala yang dituturkan turun temurun.
Sebuah gagasan yang lahir berupa kegiatan yang berdasarkan suka rela yang di dalamnya berisi aturan-aturan untuk tujuan tertentu dalam sebuah sistem bermasyarakat yang dilakukan dalam kurun waktu yang lama secara turun temurun, hal tersebut merupakan kesimpulan dari permainan dan tradisional. Sebaiknya sebagai generasi penerus kita bisa melestarikan berbagai macam permainan tradisional
Source Permainan Tradisional Dan Game Sebagai Fenomena Budaya PERANCANGAN GAME “GALAH ASIN” UNTUK MEMPERKENALKAN BUDAYA TRADISIONAL JAWA BARAT
Comments
Loading...