Permainan Tradisional : Rok Ndodok Pemalang

0 357

Rok Ndodok Pemalang

Permainan dari satu daerah dengan daerah yang lainnya memiliki nama yang berbeda walaupun makna dari permainan itu sama. Dari permainan tradisional ini anak-anak bisa berkreasi dan meningkatkan dirinya di masa yang akan mendatang karena permainan tradisional ini bersifat mendidik anak-anak.

Apa yang diwariskan leluhur kita adalah suatu bentuk budaya yang adiluhur penuh dengan makna, termasuk dalam permainan rakyat atau dolanan yang mempunyai nilai fungsi bentuk interaksi sosial sejak dini.

Dolanan berperan dalam membentuk anak dalam kebersamaan, bukan permainan yang mengajarkan individualisme atau egoisme seperti permainan modern saat ini. Salah satu permainan tradisional yang ada di Pemalang yaitu Rok Ndodok.

Rok Ndodok yaitu permainan yang mengharuskan kita jongkok sebelum tersentuh oleh si-lakon. Bagi para pemain, diharuskan menyentuh teman lainnya sebelum jongkok. Jadi kita harus berlari meraih teman lain yang sedang jongkok untuk kemudian kita bergantian jongkok dan teman kita yang satunya berdiri dan berlari meraih teman lainnya.
Sementara si-lakon mengejar teman yang sedang berlari agar tidak bisa meraih teman lainnya. Permainan ini sangat seru bila sudah di mainkan secara bersama-sama dengan para teman yang lainnya. Oleh karena itu permainan ini sangat baik untuk memupuk kerja sama dan silaturahmi antar satu dengan yang lainnya.
Source Permainan Tradisional Rok Ndodok Pemalang kutu baca
Comments
Loading...