Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Rebab / Lengek

0 1.180

Alat Musik Tradisional Jawa Barat : Rebab / Lengek

Alat musik tradisional Jawa Barat ini berumur cukup tua. Rebab mulai dikenal pada abad ke-9 masehi, dibawa oleh para pedagang Timur Tengah yang datang ke Indonesia. Sehingga dapat di ketahui bahwa keberadaan alat tradisional tersebut sudah sangat lama. Dan sudah ada di daerah Jawa.

Pada awalnya Rebab merupakan alat musik berbahan dasar tembaga yang disertai dua atau tiga dawai. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu bahan dasar Rebab berevolusi dan mengalami suatu perkembangan menjadi kayu. Setiap alat musik atau yang lainnya akan selalu mengalami sebuah penciptaan yang baru yang tujuannya untuk mewujudkan ke hal dan bentuk yang lebih baik,dari pada yang sebelumnya.

Layaknya sebuah biola, cara memainkan Rebab adalah dengan menggeseknya, sehingga akan menghasilkan sebuah bunyi yang khas yang di hasilkan dari alat tersebut. Alat musik tradisional ini termasuk dalam serangkaian perangkat Gamelan yang biasa dipakai dalam mengiring sebuah pertunjukan kliningan, celempungan, wayang dan pengiring nyanyian sinden.

Khusus dalam Gamelan fungsi Rebab tidak sebagai pengiring saja, lebih dari itu untuk menuntun jalannya sebuah lagu. Sehingga di dalam alat musik Gamelan musik ini berperan penting.

Di Jawa Barat tidak hanya ini alat musik tradisionalnya, akan tetapi masih banyak lagi yang merupakan kekayaan dari daerah tersebut.

Source Alat Musik Tradisional Jawa Barat - Rebab / Lengek tradisikita
Comments
Loading...