budayajawa.id

Upacara Adat Methik Pari Pacitan

0 4

Upacara Adat Methik Pari Pacitan

Di setiap Kecamatan di wilayah Kabupaten Pacitan memiliki upacara adat atau ritual-ritual yang di adakan minimal setahun sekali. Upacara semacam ini biasanya berupa ritual bersih desa, sedekah bumi dan lain-lain. Salah satunya yang ada di kecamatan Bandar, yaitu yang biasa di kenal dengan istilah “Methik pari”.

Upacara adat Methik Pari atau Petik Pari biasa dilakukan oleh masyarakat dari Desa Jeruk yang berada di kawasan puncak pegunungan Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang mayoritas matapencaharian penduduknya adalah bertani. Upacara adat ini dikenal sudah ada sebelum zaman penjajahan, yaitu pada zaman nenek moyang kita mulai mengenal bercocok tanam khususnya padi.

Upacara adat Methik Pari merupakan perwujudan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas pemberian limpahan rejeki berupa panen padi.  Upacara ini dilakukan menjelang panen tiba tepatnya sehari sebelum panen raya, dan biasanya dilaksanakan pada malam hari.

Dan pada bagian inti dari Upacara adat ini di juga di tampilkan tarian “methik pari”. Hiburan semacam ini biasanya hanya diadakan untuk acara memetik (memanen) padi. Yang juga bertujuan untuk menghormati Dewi Sri dan Joko Sadono.

Source Upacara Adat Methik Pari Pacitan Explore 1001 Wisata Kota Pacitan

Leave A Reply

Your email address will not be published.