budayajawa.id

Tradisi Pernikahan Tembakau Magelang

0 24

Tradisi Pernikahan Tembakau Magelang

Warga Dusun Gopaan, Desa Genito, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang memiliki tradisi unik pernikahan tembakau. Sebuah prosesi untuk mengungkapkan rasa syukur atas karunia Tuhan berupa lahan pertanian yang subur dan tanaman tembakau yang melimpah sebagai sumber perekoniman warga. Prosesi pernikahan tembakau melibatkan para petani dan perajang tembakau di wilayah tersebut. Tradisi Pernikahan Tembakau ini  sebagai simbol bahwa tembakau akan terus berkembang biak di wilayah ini.

Prosesi diawali dengan membawa sejumlah sesaji oleh ratusan warga menuju sebuah sendang piwakan yang terletak tak jauh dari perkampungan Gopaan. Harmonisasi suara musik dangdut, gending jawa, serta tetabuhan ilustrasi kesenian kuda lumping bersahutan mengiringi langkah mereka. Sesajian tersebut kemudian diletakkan di sebuah bangunan kecil yang terbuat dari kayu dan bambu. Warga menyebutnya dengan pesanggrahan Kiyai Gopaan.

Seorang pimpinan ritual lantas membaca mantra sembari menaburkan kembang ke dalam air sendang. Disambung dengan persembahan tumpeng lengkap dengan ayam (ingkung). Ritual ini sudah turun temurun sejak leluhur dan dilakukan rutin setiap bulan safar. Ritual dilanjutkan dengan kirab tumpeng yang diringi berbagai grup kesenian. Di antaranya, kuda lumping, soreng, warok, dan kubrosiswo. Kemudian, digelar juga pengajian umum di Masjid setempat dan dipungkasi dengan pagelaran wayang kulit.

Source Tradisi Pernikahan Tembakau Magelang Kompas.com
Comments
Loading...