budayajawa.id

Tradisi Mantu Poci Tegal

0 27

Tradisi Mantu Poci Tegal

Mantu Poci merupakan satu dari sekian banyak kebudayaan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat kota Tegal. Tradisi dengan acara inti menikahkan sepasang Poci yang terbuat dari tanah liat berukuran raksasa ini menjadi tradisi yang cukup menyita banyak perhatian. Pasalnya, sebuah Poci yang lazimnya digunakan sebagai wadah atau tempat untuk menyimpan minuman (biasanya berupa teh), disandingkan dalam pesta perkawinan yang cukup meriah.

Sejarah dimulainya tradisi ini sendiri masih simpang siur. Belum ada bukti kuat yang mendukung kapan terselengaranya Tradisi Mantu Poci ini pertama kali. Namun meskipun begitu, tak banyak dari masyarakat Tegal yang tetap melaksanakan tradisi ini.

Tradisi Mantu Poci biasanya diselenggarakan oleh pasangan suami istri yang telah lama berumah tangga namun belum dikaruniai keturunan. Layaknya pesta pernikahan pada umumnya, tradisi ini juga dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan undangan. Lengkap dengan dekorasi, sajian makanan dan beraneka pementasan untuk menghibur para undangan yang hadir. Tidak lupa, di depan pintu masuk disediakan kotak sumbangan berbentuk rumah.

Tujuan dibalik Tradisi Mantu Poci ini, selain agar pasangan suami istri tersebut segera diberikan keturunan juga bertujuan agar si penyelenggara merasa layaknya menjadi orang tua yang telah membesarkan putra-putrinya, lalu menikahkannya dengan menggelar acara pernikahan dan mengunadang sanak saudara.

Source https://cahsastrajawa.wordpress.com https://cahsastrajawa.wordpress.com/2015/12/23/tradisi-mantu-poci-yang-berkembang-di-tengah-tengah-masyarakat-tegal/
Comments
Loading...