budayajawa.id

Tari Rong Tek, Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

0 6

Tari Rong Tek, Tarian Tradisional Dari Jawa Tengah

Tari Rong Tek adalah salah satu tarian tradisional dari Provinsi Jawa Tengah. Tarian ini merupakan tari kreasi yang berembrio dari tari lengger banyumasan. Secara etimologi, kata rong tek ini berasal dari dua kata, yaitu rong dan tek. Kata Rong sendiri diambil dari suku pertama dari kata ronggeng, yang didalam bahasa Banyumas dapat diartikan sebagai penari atau lengger. Sementara, kata tek diambil dari suara kentongan bambu yang menjadi properti utama didalam pementasan.

Dalam tradisi masyarakat Banyumas, bambu bukan hanya sebatas tanaman. Tanaman berbatang panjang ini juga mempunyai berbagai peran penting ddialam kehidupan sehari-hari. Bambu muda dapat dijadikan sebagai bahan panganan (makanan), sementara bilah bambu yang sudah tua dapat dirajut menjadi berbagai benda kebutuhan rumah tangga, seperti tampah dan bakul. Fungsi lain dari bambu adalah dapat menjadi alat musik dan juga alat komunikasi darurat didalam kegiatan ronda. Dalam tari kreasi rong tek inilah, fungsi dari kentongan sebagai alat komunikasi pertanda darurat dirubah menjadi sesuatu yang lebih bersifat profan.

Source http://www.kamerabudaya.com/ http://www.kamerabudaya.com/2016/12/tari-rong-tek-tarian-tradisional-dari-jawa-tengah.html
Comments
Loading...