budayajawa.id

Sendratari Ramayana, Kesenian Tradisional dari Cerita Ramayana

0 9

Sendratari Ramayana, Kesenian Tradisional dari Cerita Ramayana

Sendratari Ramayana adalah sebuah pertunjukan seni perpaduan antara seni tari dan drama yang dikemas untuk membawakan cerita. Kesenian ini dinamakan Sendratari Ramayana dikarenakan cerita yang diangkat adalah cerita dari Ramayana. Sendratari Ramayana ini sering dipertunjukan dikomplek Candi Prambanan, Provinsi Yogyakarta.

Cerita Ramayana ini merupakan salah satu cerita didalam pewayangan yang sangat terkenal di indonesia. Cerita Ramayana ini menceritakan tentang sebuah perjuangan dan cinta dari Rama dalam menyelamatkan Sinta yang diculik oleh raja alengka yang bernama rahwana. Selain berisi tentang cinta dan juga perjuangan, cerita ini juga berisi tentang kebaikan didalam melawan angkaramurkaan. Karena ceritanya yang sangat panjang, maka didalam pertunjukan Sendratari Ramayana ini cerita tersebut dirangkum dan dibagi menjadi 4 (empat) episode. Pada episode pertama menceritakan hilangnya Sinta, lalu pada epidose kedua menceritakan perjalanan Hanoman ke Alengka, sedangkan pada episode ketiga menceritakan kematian Kumbakarna dan Rahwana, dan episode yang terakhir adalah menceritakan pertemuan kembali Rama dan Sinta.

Gerakan dalam tarian dari Sendratari Ramayana ini hampir sama dengan kesenian Wayang wong. Namun yang membedakan pada Sendratari Ramayana ini tidak menggunakan dialog. Sehingga lebih mengutamakan dari gerakan ekspresi sebagai pengganti dialognya. Dalam pertunjukannya, kostum yang digunakan setiap tokoh atau peran berbeda-beda, tentunya disesuaikan dengan tokoh yang diperankannya. Kostum yang digunakan hampir sama dengan kostum yang digunakan pada kesenian Wayang wong. Namun, desain busana tersebut dibuat lebih sederhana sehingga akan lebih leluasa dalam bergerak.

Source Sendratari Ramayana, Kesenian Tradisional dari Cerita Ramayana Kamerabudaya.com
Comments
Loading...