budayajawa.id

Sejarah Kitab Negarakertagama

0 11

Sejarah Kitab Negarakertagama

Kitab Negarakertagama atau disebut juga dengan Kakawin Negarakertagama memiliki judul asli Desawarnana, kitab ini ditulis oleh Mpu Prapanca ini merupakan sumber sejarah yang begitu dipercaya. Kitab negarakertagama ini ditulis pada masa kerajaan Majapahit masih berdiri di bawah pemerintahan Sri Rajasanagara atau dikenal juga dengan nama Hayam Wuruk.

Kitab ini menceritakan banyak hal-hal yang penting yang diantaranya mengenai istilah raja-raja Majapahit, keadaan kota Raja, Candi Makam Raja, upacara Sradha, wilayah Kerajaan Majapahit, negara-ngara bawahan Majapathit dan hal-hal lainnya.
Dari uraian kitab Negarakertagama inilah kita bisa mengetahui asal-usul Kerajaan Majapahit dari pandangan sosial ekonomi, sosial budaya, politik luar ngeri dan dari sisi lainnya secara lebih mendalam. Penelitian mengenai keberadaan Majapahit ini bisa juga ditunjang pada prasasti-prasasti pendukung diantaranya prasasti Bendasari, prasasti Kudadu, prasasti Waringin Pitu, prasasti Trawulan dan prasasti-prasasti lainnya.

Arti Judul Kitab Negarakertagama

Judul kitab atau kakawin ini adalah,kata Negarakertagama memiliki arti “Negara dengan tradisi (Agama) yang suci”. Nama Negarakertagama sendiri tidak ditemukan dalam kakawin Nagarakertagama. Terdapat pada pupuh 94/2, Prapanca menyebutkan ciptaannya Dewacawarnana atau uraian mengenai desa-desa. Akan tetapi, nama yang diberikan oleh pengarangnya itu tersebut terbukti sudah dilupakan oleh banyak orang.

Hingga kini kakawin itu biasa disebut sebagai Negarakertagama. Nama Negarakertagama sendiri terdapat pada kolofon yang diterbitkan Dr. J. L. A. Brandes: Iti Negarakertagama Samapta. Ternyata nama Nagakretagama merupakan tambahan penyalin Arthapamasah pada bulan Kartika di tahun saka 1662 tepatnya 20 Oktober 1740 Masehi. Negarakertagama sendiri disalin dengan huruf Bali di Kancana.

Source keepsoh.com https://keepsoh.com/kitab-negarakertagama/
Comments
Loading...