budayajawa.id

“Roro Mendut” Tokoh Perempuan Legendaris Dari Pati

0 8

Rara Mendut adalah cerita rakyat klasik yang merupakan salah satu cerita dalam Babad Tanah Jawi. Kisah ini menceritakan perjalanan hidup dan tragedi cinta seorang perempuan cantik dari pesisir pantai Kadipaten Pati (sekarang Kabupaten Pati) yang hidup pada zaman Sultan Agung.

Kisah Legendaris Roro Mendut

Pasca penggempuran Kabupaten Pati pada zaman Sultan Agung berjaya (Sultan Agung adalah cucu dari Panembahan Senopati dan Ratu Mas Waskita Jawi yang juga keturunan orang Pati), sejumlah perempuan keraton diboyong ke Mataram, termasuk Roro Mendut yang dikenal dengan kecantikan dan kemolekannya. Roro Mendut menjadi salah satu representasi perempuan sempurna pada masanya. Tumenggung Wiraguna yang menjadi senopati atau panglima perang Mataram saat perang melawan Pati, tak kuasa melihat kecantikan Roro Mendut. Saat modern ini, posisi Tumenggung Wiraguna setara dengan panglima TNI Republik Indonesia. Meski demikian, Roro Mendut menolak cinta dan pinangan dari pejabat senior di Mataram tersebut. Ia lebih memilih Pranacitra (ejaan bahasa Jawa: Pronocitro) yang notabene rakyat biasa, ketimbang Wiraguna yang merupakan pejabat senior di negeri Mataram waktu itu. Kisah selanjutnya, kisah Roro Mendut berakhir tragis dengan kematiannya bersama kekasihnya, Pronocitro di keris Tumenggung Wiraguna.

Hal ini mirip dengan cerita cinta Romeo dan Juliet yang digambarkan sebagai kisah kesetiaan sepasang kekasih sehidup semati. Sebelumnya, Roro Mendut harus berjualan rokok klobot untuk membayar pajak atau menebus diri dari belenggu Tumenggung Wiraguna. Rokok yang dijual oleh Roro Mendut unik, yaitu dihisap terlebih dahulu untuk menggaet para pembeli. Hasilnya luar biasa. Berapa pun harga yang diminta Roro Mendut pasti dibayar. Inilah yang kemudian menginspirasi pengusaha rokok di Indonesia bahkan dunia untuk membuat sales promotion girl (SPG) sebagai sarana untuk menjual produknya sebagaimana kisah Roro Mendut waktu itu. Inilah sebabnya Roro Mendut menjadi tokoh perempuan legendaris asal Pati yang kemudian ditulis di sejumlah novel, buku, bahkan dilakonkan dalam kesenian budaya ketoprak dan film modern. Mengingat kisah, cerita, dan sejarah kehidupannya bisa menjadi pelajaran berharga bagi perempuan dari zaman ke zaman.

Source

Leave A Reply

Your email address will not be published.