budayajawa.id

Mitos Sundel Bolong di Jawa

0 17

Mitos Sundel Bolong di Jawa

Sundel Bolong merupakan sebuah mitos yang berasal dari Indonesia. Mitos ini tumbuh dengan subur di daerah Jawa. Hantu Sundel Bolong digambarkan sebagai seorang wanita yang berambut panjang dan memakai pakaian serba putih dengan punggung yang berlubang. Karena punggung dari hantu yang satu ini berlubang, maka terlihat dengan jelas organ yang terdapat dalam perut Sundel Bolong. Hantu yang bernama Sundel Bolong ini hampir sama dengan Kuntilanak, bedanya jika Kuntilanak tidak berlubang pada bagian punggungnya. Selain di negara Indonesia, mitos hantu Sundel Bolong ini juga terkenal di negara tetangga yaitu Malaysia.

Sundel Bolong berasal dari sundel dan bolong. Sundel memiliki makna wanita jalang atau pelacur, sedangkan bolong dari Bahasa Jawa yang artinya berlubang. Jika kedua arti kata tersebut di gabungkan, maka Sundel Bolong memiliki arti hantu wanita pelacur yang mati dalam keadaan hamil dan ketika jadi hantu memiliki punggung yang berlubang. Mitos hantu wanita tersebut kemudian melahirkan, akan tetapi bayinya juga ikut mati.

Mitos Sundel Bolong yang satu ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Hantu yang satu ini sering di gambarkan dalam film horror sebagai sosok makhluk gaib wanita yang memakai pakaian serba putih dari leher sampai ujung kaki. Selain itu, dalam penggambaran film horror dari Negara Indonesia, Hantu yang satu ini memiliki lubang dibagian punggungnya, sehingga akan terlihat organ yang terdapat dalam perut. Hantu ini dibuat lebih menakutkan dengan tambahan efek suara serta makae up tokoh yang terkesan menyeramkannya.

Mitos hantu Sundel Bolong sendiri sebenarnya berasal dari tanah Jawa. Hantu yang satu ini merupakan sebuah mitos makhluk gaib yang muncul akibat wanita yang sedang hamil di bunuh. Dalam penggambarannya, hantu ini tidak berjalan, melainkan terbang. Menurut cerita mistis yang beredar di tengah-tengah masyarakat Jawa, hantu atau arwah gentayangan ini akan membalas dendam terhadap orang yang telah membuatnya meninggal dunia. Makhluk gaib berupa sundel bolong ini akan mendatangi para pelaku pembunuhnya, kemudian dia kan membunuh balik para tersangka tersebut.

Selain akan menuntut balas kepada para pembunuhnya, ternyata makhluk yang tidak kasat mata ini juga suka menculik bayi. Hal ini dilakukan oleh Sundel Bolong tersebut karena ia menyukai anak-anak terutama bayi. Hantu tersebut menculik bayi bukan untuk di bunuhnya, akan tetapi jenis makhluk halus yang satu ini ingin merawatnya. Hal tersebut dilakukan oleh sang Sundel Bolong karena anak yang ia lahirkan dalam kubur meninggal dunia, sehingga ia ingin memiliki bayi dan kemudian merawatnya.

Oleh karena cerita tersebut, maka tidak terasa aneh lagi jika ada orang tua yang meletakkan Al Quran di atas tempat tidur sang buah hati. Mereka melakukan ini sebagai langkah antisipasi jika hantu Sundel Bolong mau menculik anak mereka. Para orang tua tersebut berkeyakinan jika makhluk gaib seperti Sundel Bolong tidak akan menculik bayi mereka jika ada Al Qur’an di atas tempat tidurnya.

Source http://www.tanahnusantara.com http://www.tanahnusantara.com/fakta-dan-cerita-mistis-hantu-sundel-bolong/
Comments
Loading...