budayajawa.id

Mitos Bunga Kenanga di Jawa

0 4

Mitos Bunga Kenanga di Jawa

Walau cukup mudah ditemukan di lingkungan sekitar kita, tahukah kita jika tanaman ini mempunyai banyak manfaat yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Kehadirannya sebagai tanaman semak atau pohon kecil, bunga kenanga banyak dimanfaatkan langsung setelah dipetik. Warnanya yang kuning cerah saat bunga berkembang cukup umur, memberikan kesan segar di taman yang hijau.

Ciri khas dari bunga ini adalah termasuk jenis bunga yang menggantung dengan aromanya yang harum dan segar. Untuk jenis kenanga lokal, pohon dapat tumbuh hingga tinggi lebih dari 5 meter, tetapi untuk jenis ylang-ylang, ukuran tanaman dewasa tidak setinggi jenis lokal. Walaupun bentuknya termasuk jenis pohon berukuran kecil hingga sedang, jika tanaman ini ditanam di dalam pot, juga dapat menjadi hiasan di pinggir sudut teras yang semi-teduh.

Dari Mitos, Tradisi, Hingga Terapi Kesehatan

Sebagai mitos, dalam kebudayaan Jawa, kehadiran bunga kenanga di dalam taman dapat menjadi penangkal ilmu hitam, guna-guna dan sejenisnya untuk melindungi rumah beserta isinya. Ada juga yang mempercayai bahwa dengan menanam pohon ini di taman, akan enteng jodoh bagi anggota keluarga yang belum berkeluarga.

Di Indonesia, banyak acara adat atau perawatan tubuh dengan menggunakan berbagai jenis bunga termasuk bunga kenanga ini. Misalnya saja untuk acara penikahan, selain bunga melati, bunga kenanga juga turut serta dalam menghias dan menambahkan aroma wangi yang khas di sepanjang acara ataupun menghiasi sebuah ruangan. Untuk perawatan tubuh, bunga ini digunakan sebagai pewangi pada rambut dan seluruh tubuh dengan sari minyak bunganya.

Untuk fungsi sebagai tanaman herbal, kenanga juga tidak kalah bermanfaatnya. Kandungan kimia yang ada pada bagian bunga dan kulitnya ini dapat berfungsi sebagai obat penyembuh bagi penyakit malaria, asma/sesak nafas, bronkitis dan minuman menyehatkan (jamu) saat setelah melahirkan. Caranya dapat dengan menyeduh bunga yang sudah dikeringkan atau direbus beserta beberapa jenis bahan lainnya, lalu kemudian diminum dalam jangka waktu tertentu.

Source Mitos Bunga Kenanga di Jawa IDEA Online
Comments
Loading...