budayajawa.id

Misteri Hantu Banaspati

0 16

Misteri Hantu Banaspati

Banyak cerita-cerita mistis yang sering terdengar di kota Pemalang, Jawa Tengah yang membuat merinding setiap orang yang mendengarnya. Tentu saja setiap daerah baik perkotaan maupun pedesaan ada hal-hal yang berhubungan dengan hal gaib.

Hantu banaspati yang berwujud seperti api dan memiliki elemen utama berupa api. Makhluk gaib tersebut dapat juga berwujud menyerupai bola api maupun api dengan bentuk angin yang berpusar. Biasanya hantu ini terbang di ketinggian yang rendah dari satu tempat menuju tempat lainnya yang berwujud bola api. Hantu ini muncul dan menjadi pembicaraan warga setempat sekitar tahun 2000-an dan membuat warga takut untuk keluar di malam hari. Biasanya orang yang dijumpai penampakan ini akan dikejar-kejar dan salah satu cara untuk menghindarinya yaitu dengan menjeburkan diri ke sungai.

Tersiar kabar pula bahwa hantu yang juga disebut Ganaspati atau Panaspati ini senang membakar manusia yang dilihatnya. Sebenarnya hantu ini tidak hanya muncul di Pemalang saja namun di pelosok desa di Jawa Tengah juga muncul, namun hanya saja di daerah Pemalang ini yang ramai dan populer. Ada beberapa jenis banaspati yang beredar luas kabarnya di beberapa daerah.  Jenis-jenis tersebut konon didasarkan pada cara mereka untuk mencari dan mendapatkan mangsa atau tumbal.

Pertama yakni banaspati geni, merupakan banaspati bersenyawa dengan udara, jadi udara tersebut menjadi sumber kekuatan utamanya. Kabarnya jika terdapat warga yang bertemu dengannya dan warga tersebut takut, semakin besar rasa takutnya semakin besar juga sumber kekuatan yang dimiliki banaspati untuk mengambil energi udara yang ada diantara warga yang takut untuk menghasilkan panasnya api yang berkobar-kobar. Kemudian banaspati tanah liat, yakni yang suka bersembunyi di hutan. Hantu jenis ini dikabarkan bahwa senang sekali memangsa korban dengan menghisap darah korban hingga habis. Cerita dari warga masyarakat korban yang diincarnya merupakan orang yang berjalan atau tidak menapakkan tubuhnya secara langsung dengan tanah alias telanjang kaki. Maka salah satu cara aman untuk menghindari hantu ini yakni dengan berdiri tanpa alas kaki di atas tanah.

Hantu Banaspati ini merupakan salah satu hantu yang paling berbahaya dan ditakuti oleh masyarakat. Hantu ini selain menampakkan diri secara tiba-tiba juga sering melukai manusia. Jika diteliti lebih dalam, wujud hantu ini sangat mengerikan. Sosoknya ada yang dengan wujud bola api yang sudah disebutkan di atas, yang awal penampakannya tidak terlihat menakutkan karena penampakannya hanya berukuran kepalan tangan manusia. Namun jika orang yang diperlihatkan wujudnya tidak segera menghindar maka hantu ini akan perlahan-lahan membesar seperti kobaran api.

Wujud lainnya yaitu berupa dengan wujud seperti manusia api yang suluruh tubuhnya dari ujung kaki hingga kepala menyala dan memancarkan cahaya seperti kobaran api seperti membakar api unggun. Konon hantu ini berjalan dengan cara aneh yakni dengan berjalan menggunakan kedua tangan sedangkan kakinya berada di atas. Beberapa masyarakat juga memiliki keyakinan bahwa hantu tersebut bisa melukai manusia dengan cara menjulurkan lidahnya dengan api dan mengakibatkan manusia mengalami luka bakar.

Source http://www.tanahnusantara.com http://www.tanahnusantara.com/hantu-banaspati-yang-mengerikan-di-pemalang/
Comments
Loading...