budayajawa.id

Kisah Kesuksesan Prabu Angling Dharma

0 7

Kisah Kesuksesan Prabu Angling Dharma

Meskipun Prabu Angling Dharma sudah berwujud belibis putih, dia sesungguhnya dapat beralih ke bentuk manusia saat malam hari saja. Tetapi Angling Dharma merahasiakan kelebihannya itu pada siapa saja terkecuali Ambarawati. Tiap-tiap malam ia menjumpai Ambarawati dalam bentuk manusia hingga mereka berdua sama-sama jatuh cinta. Mereka pada akhirnya menikah tanpa ada sepengetahuan orangtua Ambarawati. Dari perkawinan itu Ambarawati juga memiliki kandungan.

Darmawangsa heran serta bingung merasakan putrinya memiliki kandungan tanpa ada suami. Kebetulan waktu dalam tiap-tiap kebingungan raja senantiasa ada jalan keluar karenanya ada orang ketiga. munculah seseorang pertapa sakti yang bernama Resi Yogiswara mengakui siap temukan bapak dari janin yang dikandung Ambarawati. Yogiswara lalu mencari pelakunya. Resi mencurigai karenanya ada seekor belibis putih yang mempunyai suatu kalung yang sama dengan kalung Angling Dharma.

Lalu Resi Yogiswara menyerang belibis putih peliharaan Ambarawati. Sesudah lewat pertarungan yang sengit, belibis putih kembali pada bentuk awal mulanya yakni Angling Dharma, sedang Yogiswara beralih jadi Batikmadrim. Kehadiran Batikmadrim yang sesungguhnya yaitu untuk menjemput Angling Dharma yang telah habis saat hukumannya.

Raja Darmawangsa malah terima perlakuan Angling Dharma pada putrinya serta merestui jalinan mereka. Hingga raja Darmawangsa lakukan acara pernikahan besar untuk menyongsong Angling Dharma. Angling Dharma lalu membawa Ambarawati geser ke Malawapati. Dari perkawinan mereka, pada akhirnya lahir seseorang putra yang bernama Anglingkusuma. Angling Kusuma bakal jadi penerus raja di kerajaan Bojanagara serta menukar kakeknya itu. Tetapi, sepanjang Angling Kusuma jadi raja, dia memiliki musuh bernama Durgandini serta Sudawirat yang mau menjatuhkan kerajaan Bojanagara.

Sesudah kembalinya Angling Dharma ke Malawapati, kerajaan Angling Dharma berjaya serta dapat membantuk putranya dalam memerangi musuh-musuhnya serta pada akhirnya mereka sukses menaklukan musuh-musuhnya. Serta waktu tersebut sudawirat terbuka hatinya untuk mengabdi pada Kerajaan yang di pimpin oleh Prabu Angling Dharma. Serta sedang Durgandini bersedia mengabdi pada kerajaan Bojanagara.

Source Kisah Kesuksesan Prabu Angling Dharma Dunia Pusaka Gallery Keris

Leave A Reply

Your email address will not be published.