budayajawa.id

Kesenian Jaran Pegon Pacitan

0 2

Kesenian Jaran Pegon Pacitan

Kecamatan Arjosari memiliki seni tradisional Jaranan Pegon. Jaranan Pegon merupakan seni tarian yang ditampilkan dalam acara-acara tertentu, biasanya dalam acara masyarakat yang memiliki hajatan. Jaranan Pegon merupakan jenis tarian yang bersifat sebagai hiburan. Penari Jaranan Pegon biasanya adalah para remaja laki-laki. Proses penampilan tari Jaranan Pegon ini biasanya diiringi dengan musik gamelan.

Untuk memulai acara pertunjukkan Jaranan Pegon ini di tampilkan terlebih dahulu penari pegon ( penari yang membawa kuda-kudaan ), biasanya yang memainkan tarian ini adalah para lelaki yang masih berusia muda ( masih usia SMP ). Setelah penari kuda tampil di lanjuttkan penari yang membawa celeng ( membawa duplikat babi ) dan seorang penari yang membawa kepala naga yang terbuat dari kayu dan dengan di iringi oleh gamelan jawa yang sangat khas.

Saat menari, para penari menggunakan kuda-kudaan sebagai salah satu propertinya. Penari akan bergerak mengikuti iringan gamelan, namun lama-kelamaan para penari akan menari tanpa terkontrol karena mereka telah dirasuki oleh makhluk halus. Bagi yang jarang melihat hal ini, tentu merupakan sesuatu yang menakutkan melihat seseorang kerasukan. Namun, bagi masyarakat setempat hal tersebut sudah merupakan hal wajar.

Source Kesenian Jaran Pegon Pacitan Explore 1001 Wisata Kota Pacitan ilmuseni.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.