budayajawa.id

Kelebihan Bahasa Jawa Yang Tidak di Miliki Bahasa Lain

0 12

Kelebihan Bahasa Jawa Yang Tidak di Miliki Bahasa Lain

1. Bahasa Jawa Sama Sekali Tak Sulit

Bahasa Jawa itu tidak sulit. Kita tinggal mengatakan apa yang diinginkan tanpa perlu terikat oleh prosedur apa pun. Misalnya ‘aku suka padamu’ cukup bilang “aku tresno karo kowe”.

Tak perlu struktur yang susah misalnya memerhatikan subyek predikatnya. Dalam bahasa Jawa hal yang demikian ini tidak alami.

2. Tidak Terikat Aturan Waktu

Maksudnya  tidak terikat aturan waktu ialah penggunaannya tidak diatur berdasarkan waktu ketika diucapkan.

Jika dibandingkan dengan bahasa lain misalnya Inggris, Jawa jauh lebih mudah. Dalam bahasa Inggris, penggunaan waktu sangat diperhatikan.

Waktu berpengaruh pada imbuhan atau to be dan juga kata kerjanya atau verb.

3. Bahasa Jawa Bisa Jadi Indeks Kesopanan

Dalam tulisan pun sama, tergantung dari siapa obyek yang kita tuju maka tulisan juga punya levelnya.

Level dalam bahasa Jawa ini ada yang disebut ‘Ngoko’, ‘Kromo’ dan ‘Kromo Inggil’.

  1. Ngoko biasanya dipakai kepada sesama atau yang lebih muda,
  2. Sedangkan kromo dan kromo inggil ditujukan kepada yang lebih tua.

Misalnya saja kata ‘kamu’ ketika diucapkan kepada rekan yang seumuran adalah ‘kowe’, apabila untuk  berbincang dengan yang lebih tua kita menggantinya dengan ‘sampeyan’, dan untuk yang lebih tua lagi kita pakai ‘panjenengan’.

4. Bahasa Jawa Lebih Kaya Kosa Kata

Dalam bahasa Jawa bisa menemukan padanan kata yang sangat beragam untuk satu kata saja. Contohnya kata ‘jatuh’, dalam bahasa Inggris kita bisa menyebutnya dengan ‘fall’ atau ‘tumble’. Akan tetapi, dalam bahasa Jawa kita bisa menemukan padanan kata ‘jatuh’ ini banyak sekali.

Misalnya, tibo, jlungup, jempalik, ceblok, kepreset, ndelosor, nyungsep dan lainnya.

Manfaat dari padanan kata yang beragam ini adalah penggunaannya yang detail dan spesifik. Misalnya ketika jatuh ke belakang kita bisa memakai jempalik, atau nyungsep.

Hal tersebut yang membedakan antara bahasa Jawa dengan bahasa yang lainnya, dan juga menjadikan bahasa Jawa memiliki sebuah keunggulan di bandingkan dengan yang lainnya. Bahasa Jawa merupakan sebuah identitas suatu daerah.

 

Source Kelebihan Bahasa Jawa Yang Tidak Di Miliki Bahasa Lain 5 Kelebihan Bahasa Jawa yang Tidak Dimiliki Bahasa Lain di Dunia

Leave A Reply

Your email address will not be published.