budayajawa.id

Filosofi Rumah Tradisional Jawa

0 2

Filosofi Krobongan, Gandhok dan Pawon

  • Krobongan

Krobongan adalah ruang istimewa dalam rumah tradisional jawa. Fungsi utama ruangan ini adalah untuk menyimpan berbagi bentuk pusaka yang punya kekuatan magis. Pemilik rumah bila sedang ingin melakukan doa kepada Tuhan atau semedi juga melakukannya di dalam ruangan sakral ini.

Di dalam krobongan juga terdapat ranjang, kasur, bantal serta guling. Kegunaan dari benda benda ini bukan sebagai peralatan untuk tidur, namun sebagai simbol penyatuan hubungan cinta antara laki laki dan perempuan. Selain benda tersebut juga dapat ditemukan patung pengantin Jawa yang melambangkan kebahagiaan dan kesuburan suami istri. Krobongan merupakan ruang khusus yang dibuat sebagai penghormatan terhadap Dewi Sri yang dianggap sangat berperan dalam semua sendi kehidupan masyarakat Jawa.

  • Gandhok atau Pawon/Pekiwan

Letaknya di bagian paling belakang dan memanjang dari kiri ke kanan. Fungsinya untuk memasak dan kamar mandi. Meski terlihat sederhana, namun bagian ini juga merupakan bagian yang bersifat pribadi dan memiliki nilai kesakralan juga.

Setelah mengenal bagian-bagian ruangan dalam bangunan rumah tradisional Jawa yang penuh makna dan simbol itu, kita jadi mengerti bahwa kehidupan di dunia ini akan mencapai kesempurnaan bila terjadi keseimbangan antara kehidupan yang bersifat keduniawian dan dan kehidupan yang bersifat kerohanian.

Rumah tradisi Jawa banyak mempengaruhi rumah tradisi lainnya, diantaranya rumah abu (bangunan yang didirikan oleh keluarga semarga dan digunakan sebagai rumah sembahyang dan rumah tinggal untuk menghormati leluhur etnis Cina). Oleh karena itu, struktur rumah abu memiliki banyak persamaan dengan rumah tradisi Jawa dalam berbagai segi.

Bangunan atau rumah tradisi tidak hanya dibangun sebagai tempat tinggal tetapi juga diharapkan membawa kebahagiaan dan kesejahteraan bagi penghuninya melalui pernggabungan unsur makrokosmos dan mikrokosmos di dalam rumah tersebut. Dengan demikian diharapkan keseimbangan hidup tercapai dan membawa dampak positif bagi penghuninya.

Mendalami unsur filosofi dalam rumah tradisi Jawa membuka kemungkinan usaha generasi muda sebagai pewaris kebudayaan di masa yang akan datang untuk memelihara dan melestarikan warisan generasi pendahulunya.

Source Filosofi Krobongan, Gandhok dan Pawon di dalam Rumah Tradisional Jawa Blogdetik

Leave A Reply

Your email address will not be published.