budayajawa.id

Asal Usul Desa Pakuncen Purbalingga

0 28

Asal Usul Desa Pakuncen Purbalingga

Desa Pakuncen terletak di Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Tepatnya sebelah utara Kecamatan Bobotsari. Sebelah timur dibatasi oleh Sungai Klawing yang deras airnya. Dengan tekstur tanah yang datar. Pada masa penjajahan desa Pakuncen ikut mewarnai perlawanan terhadap Penjajah Belanda. Hal ini dibuktikan dari cerita-cerita para tokoh masyarakat berkaitan dengan asal-usl desa Pakuncen.

Berawal dari perlawanan Pangeran Diponegoro terhadap Penjajah Belanda salah seorang pengawalnya yang bernama Mandrawangsa saat prajurit Diponegoro terdesak beliau lari ke arah mana saja untuk bersembunyi. Namun dalam pelariannya dari musuh Mandrawangsa beserta beberapa Prajurit selalu dapat dikejar oleh Belanda. Pada akhirnya beliau tiba di sebuah gerumbul dengan menyamar sebagai petani yang sederhana. Di tempat itulah Belanda kehilangan jejak Mandrawangsa. Sehingga beliau menamakan tempat itu dengan nama Pakuncen. Artinya terkunci tidak dapat ditemukan lagi.

Source https://anungtribaskoro08.wordpress.com https://anungtribaskoro08.wordpress.com/2008/10/17/asal-usul-desa-pakuncen/
Comments
Loading...