budayajawa.id

Arsitektur Rumah Joglo

0 4

Arsitektur Rumah Joglo

Masyarakat suku Jawa mengenal berbagai macam desain hunian dalam kebudayaannya. Salah satu yang paling dikenal adalah desain rumah adat yang bernama Joglo. Desain dari rumah adat ini lebih dikenal dikarenakan selain lebih banyak dipakai juga dianggap mempunyai gaya arsitektur yang unik dan sarat akan nilai filosofis kemasyarakatan.

Rumah Joglo dari Jawa Tengah ini dibangun dengan desain arsitektur yang cukup unik. Salah satu bentuk keunikan tersebut ada pada desain rangka atapnya yang mempunyai bubungan cukup tinggi. Desain atap tersebut dihasilkan dari pola tiang-tiang yang menyangga rumah. Utamanya dibagian tengah rumah, ada 4 buah tiang yang berukuran lebih tinggi dan menyangga beban atap. Keempat tiang yang kerap disebut dengan “soko guru” ini menyangga serta menjadi tempat pertemuan rangka atap yang menopang beban atap.

Atap pada rumah joglo ini sendiri terbuat dari bahan genting tanah. Sebelum bahan genting ditemukan, dimasa lampau atap pada rumah ini juga dibuat dari bahan dasar ijuk atau alang-alang yang sudah dianyam. Penggunaan desain rangka atap dengan bubungan tinggi serta material atap dari bahan dasar alam merupakan salah satu hal yang membuat rumah adat Joglo ini terasa dingin dan sejuk.

Adapun secara keseluruhan, rumah adat Provinsi Jawa Tengah sendiri lebih banyak memakai kayu-kayuan keras, baik itu untuk dinding, pintu, jendela, tiang, rangka atap, dan bagian lainnya. Kayu jati merupakan pilihan utama yang banyak ditemukan di rumah-rumah lawas. Kayu jati sangat awet dan sudah terbukti bisa bertahan lama bahkan sampai ratusan tahun.

Source http://www.kamerabudaya.com http://www.kamerabudaya.com/2017/09/rumah-joglo-rumah-adat-provinsi-jawa-tengah.html
Comments
Loading...